Minggu, 21 September 2014

KERAJINAN TANGAN KHAS WAKATOBI

Selain Keindahan bawah laut dan enaknya makanan dari Wakatobi, Wakatobi punya beberapa kerajinan tangan nih, cocok banget buat buat oleh-oleh atau buah tangan.

1.       Kain Tenun/Homoru



Kerajinan Homoru adalah kerajinan rumah tangga pembuatan Sarung Tradisional Khas Wakatobi. Bahan yang digunakan Alat Tenun Tradisional, Benang berbagai Warna.Motif yang sering digunakan adalah Motif Leja,Katamba dan Kasopa.

2.       Anyaman
Seni Anyaman yang diproduksi oleh masyarakat Wakatobi kebanyakan terbuat dari Bambu ataupun Lidi tergantung pada bentuk dan kebutuhan yang diinginkan oleh para pembeli.

3.       Kerajinan Tempurung Kelapa



Kerajinan Tempurung Kelapan terdapat di Pulau Tomia tepatnya pada Masyarakat Waitii dengan jarak ± 3 km dari Kec.Tomia.  Kerajinan ini dibuat dalam berbagai bentuk seperti Alat Dapur, Hiasan Ruang Tamu dll. Bahan yang digunakan adalah Tempurung Kelapa dan Kayu dan diplitur.

4.       Kerajinan Tukang Besi
Kerajinan ini dapat ditemukan pada setiap titik daerah di Kepulauan Binongko, dilakukan oleh kurang lebih 3 orang. Hasil kerajinan dipasarkan sampai di daerah-daerah yang ada diWakatobi.Jenis Parang dan pisau dapat dibuat sesuai pesanan pelanggan. Parang dan pisau Hasil Kerajinan Masyarakat Binongko ini dipasarkan keseluruh Bagain TImur Indonesia.

5.       Gelang dan Cincin dari kulit penyu




Di Desa Sampela juga terdapat pengrajin cinderamata yang produksinya dilakukan di rumahnya sendiri. Cinderamata yang ada adalah berupa cincin dan gelang dengan bahan utamanya adalah kulit penyu. Biasanya pengrajin menangkap penyu hanya untuk mengambil lapisan kulit teratasnya. Setelah itu, penyu akan dibiarkan lepas bebas. Pembuatannya sendiri terbilang mudah dengan proses awal adalah pengguntingan untuk akhirnya dilakukan teknik pengasapan dengan hanya menggunakan rokok atau lilin, untuk membentuk gelang dan cincin. Menurut kepercayaan masyarakat, cincin tersebut bisa dijadikan sebagai alat tolak bala. “Jika ada seseorang yang ingin meracuni lewat minuman, maka ketika memegang gelas, cincin ini akan pecah sebagai penanda firasat buruk,” begitulah kepercayaan warga setempat.

1 komentar:

  1. kerajinan khas daerah wakatobi emg keren, lumayan sebagai oleh oleh klo liburan kesana

    http://www.marketingkita.com/2017/08/customer-record-card-dalam-ilmu-marketing.html

    BalasHapus