Sabtu, 20 September 2014

WISATA ALAM WAKATOBI



Nama Wakatobi adalah singkatan dari nama pulau-pulau besar yang berada disana, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pada zaman dahulu sebelum dikenal sebagai destinasi wisata, pada zaman dahulu sebelum dikenal sebagai daerah tujuan wisata Wakatobi terkenal sebagai tempat para pandai besi berasal. Parang & Pisau yang dibuat oleh pengrajin Wakatobi terkenal kuat,tajam dan tahan karat. Itulah mengapa Wakatobi itu juga punya nama lain, yakni kepulauan tukang besi.

Tempat - tempat wisata yang ada di Wakatobi, yaitu :

1.   Pantai Moli'i Sahatu (pantai seratus mata air)
pantai in mempunyai keunikan , yakni terdapat ± seratus mata air yang muncul dari dasar laut, meskipun keluar dari dasar laut namun airnya tetap tersa tawar. pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan terdapat tumbuhan, seperti pohon kelapa.

2.   Permandian Goa Kontamale





Permandian goa kontamale adalah salah satu permandian alam yang ada di pulau wangi-wangi. permandian goa kontamale sebagai salah satu permandian alam wakatobi yang paling ramai dikunjungi karena airnya yang jernih dan suasana sejuk. selain itu tempt ini juga dapat menjadi alternatif lain jika anda menginginkan berenang di air tawar dengan suasana goa.



3.   Pantai Hoga

















Pantai Hoga adalah salah satu wisata pantai yang indah dan menarik. Pantai Hoga terletak di Pulau Hoga Kecamatan Kaledupa, berjarak ± 15 menit dari Pulau Kaledupa dan dapat ditempuh dengan menggunakan speed boat dan katinting. Pantai Hoga memiliki hamparan pasir putih yang bersih,  air lautnya jernih, panorama bawah lautnya mempunyai beraneka ragam terumbu karang yang berwarna-warni, beberapa spesies ikan. Di sana  juga terdapat laboratorium bawah laut. Sehingga tempat tersebut, tepat untuk dijadikan tempat beraktivitas snorkeling dan diving. Pantai Hoga memiliki beberapa sarana akomodasi yang berbentuk cottage milik masyarakat Kaledupa yang dikelola Operation Wallacea dengan tarif yang terjangkau.

4.   Pantai Peropa




Pantai Peropa berlokasi di Desa Peropa Kecamatan Kaledupa Selatan, berjarak ± 30 menit dari pusat kota dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Selain memiliki hamparan pasir putih yang bersih, di pantai ini juga menjadi tempat tambatan perahu masyarakat peropa dan bila berkunjung di pagi hari, para wisatawan dapat menyaksikan aktivitas nelayan pulang dari melaut dan penduduk setempat sudah menanti kedatangan mereka untuk membeli ikan hasil tangkapan nelayan.

5.   Pantai Onemobaa






Pantai One Mobaa berada di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia.  Untuk sampai ke Pantai tersebut anda dapat menggunakan perahu tradisional seperti Katinting, ± 30 menit dari ibukota kecamatan. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih, air lautnya jernih. Di sana terdapat tumbuhan pepohonan pantai seperti kelapa, cemara, bakau, dan pohon pantai lainnya. Selain itu juga terdapat beberapa fauna seperti biawak, pipit, udang merah dan fauna lainnya. Panorama bawah laut di Pantai One Mobaa  sangat indah dan eksotik karena terdapat gugusan terumbu karang yang berwarna-warni, padang lamun serta hidup beberapa spesies ikan yang beranekaragam serta biota laut lainnya yang masih tetap terjaga dan alami. Sehingga tempat tersebut, sangat tepat untuk beraktivitas snorkeling dan diving, serta menikmati panorama sunset. Di pantai One Mobaa ini telah dibangun sebuah resort yang berstandar internasional, yakni Wakatobi Dive Resort. Dimana  pengelola resort tersebut adalah investor asing berkebangsaan Swiss dan PT Wakatobi Divers yang adalah sebuah perusahaan penanaman modal asing juga telah menyiapkan fasilitas bandara yang dapat didarati pesawat Fokker-28.


6.   Panorama Puncak Kayangan





Puncak Kayangan salah satu objek wisata dataran tinggi yang berada di Desa Kayangan, Kecamatan Tomia timur, dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat ± 8 menit dari ibu kota kecamatan. Di puncak tersebut terdapat beberapa fosil kima yang berukuran besar, serta fosil batu karang. Selain itu ditumbuhi oleh semak dan hamparan rumput yang menghijau. Dari atas Puncak Khayangan, para wisatawan dapat menyaksikan panorama alam di Pulau Tomia. Selain itu juga tampak jelas pemandangan Pulau Lentea, Tolandono dan Pulau Binongko.


7.   Pantai Palahidu




Pantai Palahidu adalah salah satu wisata pantai di Pulau Binongko yang memiliki hamparan pasir putih yang membentang luas, batu karang, air lautnya yang jernih. Di samping itu juga terdapat tumbuhan pantai yang rindang. Pantai ini sangat eksotik, kaerna dapat melihat matahari terbenam, serta dapat melihat peninggalan sejarah yang bernama Benteng Palahidu.

8.   Pantai Belaa

Pantai  Bela’a adalah salah satu pantai yang memiliki gundukan pasir yang tinggi. Di sekitar pantai terdapat batu-batu karang yang sudah mati dan membatu sehingga manakala ada ombak yang menghantam memberikan nuansa yang menarik. Di Pantai Bela’a juga terdapat  Hutan Mangrove yang  rapat serta pepohonan seperti kelapa, ketapang, pandan dan tumbuhan pantai lainnya. Pasir Pantai Bela’a halus dan putih bersih sehingga sering didarati oleh penyu untuk bertelur. Untuk menyaksikan pemandangan alam Pantai Bela’a, para wsiatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat dengan jarak ± 10 km dari Pelabuhan Rukuwa Kecamatan Binongko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar